Persebaran Fauna dan Flora di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur

Di abad ke-21 sudah banyak hewan dan tumbuhan yang sudah punah akibat iklim dan ulah manusia. Hewan dan tumbuhan yang masih ada juga banyak yang terancam punah. Misalnya saja Harimau Sumatra yang saat ini jumlahnya hanya ratusan ekor baik di hutan maupun dalam penangkaran. Banyak sekali pemburu liar yang ingin mengambil tulang maupun kulit harimau tersebut untuk dijual. 

Harimau Sumatra yang terancam punah 
Sedangkan untuk tumbuhannya ada Pohon Cendana yang masuk kategori terancam punah karena pohon cendana ini susah untuk di kembang biakan. Selain itu juga di sebabkan karena kecambah dari pohon cendana merupakan salah satu bentuk tanaman parasit. Maka ia tidak bisa tumbuh sendiri. hidupnya terus menumpang pada tanaman lain. Dari faktor inilah yang menyebabkan tanaman ini mulai berkurang populasinya. 

1. Persebaran fauna dan flora di Indonesia Bagian Barat

Untuk persebaran fauna di daerah barat meliputi pulau Sumatra, Kalimantan, Bali, dan Jawa. Fauna jenis mamalia yang ada di bagian barat meliputi :

Pulau Sumatra : macan tutul, gajah, harimau sumatra, ular piton, tapir, badak bercula dua, burung murai batu, kambing hutan di Sinabung, babi hutan.

Pulau Jawa : macan tutul, rusa, banteng, badak bercula satu, harimau jawa, elang jawa, kancil, harimau kumbang, ayam hutan, burung merak, tupai, trenggiling, . 

Pulau Bali : jalak bali, macan tutul, ayam hutan, penyu

Pulau Kalimantan : ayam hutan, buaya sungai, buaya muara, orang utan, monyek bekantan, macan tutul, ular sanca kembang atau phiton, beruang madu, lumba-lumba.

2. Persebaran fauna dan flora di Indonesia Bagian Tengah

Fauna bagian tengah disebut juga fauna daerah peralihan. Mengapa disebut demikian? Karena letaknya diantara daerah fauna bagian barat dan fauna bagian timur. Letak fauna bagian tengah ini di antara garis Wallace dan juga garis Webber. Daerah masuk ke dalam fauna bagian tengah adalah pulau Sulawesi, Timor, Kepulauan Nusa tenggara seperti flores, lombik, sumba, dan komodo.

Kepulauan Nusa Tenggara dan Timor : komodo di pulau komodo, sapi, kuda liar, biawak besar.

Pulau Sulawesi : anoa, ikan duyung, monyet hitam, burung nuri, kakak tua raja, burung raja udang, merpati, 

3. Persebaran fauna dan flora di Indonesia Bagian Timur

Fauna daerah timur memiliki kesamaan dengan fauna australia. Seperti halnya kangguru, di Papua juga terdapat kangguru biasa dan kangguru pohon. Daerah yang termasuk wilayah fauna bagian timur adalah kepulauan Maluku dan Papua. Fauna yang ada disana sangat indah seperti burung cenderawasih, burung nuri, burung kakak tua raja, walabi, kangguru, kangguru pohon, tikus pohon, landak irian, kura-kura moncong babi, buaya, ular papua, biawak, rusa di Merauke, dan kuskus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Pembahasan Ulangan Biosfer